Friday 3 November 2017

Ruam Pipi Pada Bayi (part 2), "Dermatitis Atopi"

"Dermatitis Atopi"

Yang tau alta bayi, pasti ga nyangka sekarang bisa kinclong gini...

Yang tau alta sekarang, pasti ga nyangka dulunya separah apa kondisi kulitnya...


Momicha akan melanjutkan dengan "Tips-Tips Tidak Singkat" ala Momicha (Saya paling ngga bisa cerita singkat. Sukanya cerita kudu lengkap dan tuntas. Biar informasi yang sampai ga setengah-setengah gitu). Hehehe, padahal bawel...

Kemarin Momicha sudah sempat cerita di artikel "Ruam Pipi Pada Bayi (part 1)" 
bahwa Alta akhirnya kami bawa ke dokter lagi sekalian imunisasi. Dokter memberikan beberapa obat diantaranya krim.
Lalu bagaimana kondisi pipi Alta setelah pemakaian krim tersebut?


Ga nunggu lama, pakai pagi, sore sudah mendingan. Pakai sore, pagi bisa sembuh (belum kinclong tapi keliatan banget bedanya).
Tapi kok cepet banget ya efeknya?
Trus kalo ga pakai krim itu ya langsung ruam lagi. Yah namanya obat biasanya ada efek ketergantungan. Apalagi pada kasus alergi ini.


"SELAMA SUMBER PENCETUS ALERGI BELUM DIHINDARI" maka alerginya akan kambuh terus. Obat hanya bersifat sementara. Ya Gatel lagi, kasih obat/krim jadi mendingan, gatel lagi, kasih krim lagi. Gitu terus.


MULAI MENGURANGI KETERGANTUNGAN KRIM STEROID
Akhirnya Momicha memutuskan mulai mengurangi ketergantungan pada krim tersebut. Dan bertekad memperketat diet. Mulai deh bener-bener ketat diet semua produk susu sapi dan turunannya. Artinya, Momicha menghindari susu, yoghurt, keju, kue, biskuit, wafer, schotel, astor, segalaaaaa jajanan yang mengandung turunan susu sapi.
Fiewww... Berat, tapi Bismillah aja...


SUHU AC HARUS PAS
Untuk sebagian orang, mungkin terdengar berlebihan. Tapi untuk orangtua yang mengalami sendiri anaknya ruam melepuh seluruh wajah, percayalah, ini NYATA.
Suhu AC harus Pas!!
Kalau terlalu dingin, kulit Alta langsung kering dan akan mengelupas (seperti kor*ng) atau bersisik.
Kalau kurang dingin dan keringetan, kulit wajah Alta akan sangat basah dan bonyok lagi/berair. Miris nulisnya nih. Apalagi saat mengalami langsung. Duh, umi hanya bisa menangis tak berbunyi...


SELALU MENJAGA KELEMBABAN KULIT
Sebenernya, semua orang idealnya harus menjaga kelembaban kulitnya ya. Apalagi anak alergi.
Kenapa? Ya itu tadi, kalo kulit kering akan mengelupas (kor*engan), bersisik, dan sangat gatal. Pasti Alta langsung sibuk garuk garuk (reflek garuk ini sejak bayi lho). Kalo udah kena garuk bisa memperparah gatalnya. Karena bisa infeksi. Makanya kalo ke dokter dapet antibiotik.

Bagaimana menjaga kelembabannya? Idealnya sih memang pakai krim. Tapi saat itu kami belum nemu krim yang cocok.
Pakai baby oil ga cocok.
Pakai baby cream juga ga cocok (sudah coba beberapa merk).
Pakai pelembab dari dokter ga cocok.
Sampai kami pun pernah coba obat-obatan herbal maupun tradisional seperti Minyak Kelapa dan Minyak Produksi MLM herbal.
Semuanya belum ada yang cocok. Kulit malah makin meradang.

Momicha kasian. Pipi alta tetap meradang. Pasti rasanya bukan hanya gatal tapi juga perih.
Akhirnya coba di kompres pakai kapas dibasahi air mineral. Sekedar biar lembab dan dingin. Semoga bisa mengurangi sakitnya. Kalo sudah diberi kompress, Alhamdulillah Alta bisa bobo nyenyak. Mungkin rasanya nyaman dan sejuk. Momicha pegangin kapasnya sambil menyusui mas Alta sampai ketiduran.

Oh iya, pernah juga saat usia 3 bulan kami ajak ke Bandung. Disana udara sangat dingin dan relatif kering. Pipi alta kering sekali dan mulai bersisik. Saudara menyarankan oles dengan Minyak Zaitun. Aha, bener juga ya. Minyak Zaitun kan alami dan banyak banget khasiatnya. Bisa melembabkan juga memperhalus kulit. Boleh juga nih dicoba. Kami coba pakai yang EVOO (Extra Virgin Olive Oil). Alias minyak zaitun yang murni. Kebetulan di rumah saudara kami itu selalu sedia.
Malamnya kami mulai oleskan tipis-tipis ke pipi alta.

Dan hasilnya?
Keesokan harinya pipi alta memang sudah tidak kering lagi. Tapi basah, dan meradang. Merah sekali. Dan bonyok lagi. Aduh duh duh MasyaAllah...
Nangis lagi hati mamak. Mungkin rasanya perih. Kasian banget, rewel jadinya. Akhirnya kembali saya kompres kapas dengan air mineral sambil saya gendong dan akhirnya bisa tidur. Saat kembali pulang ke Jakarta rutinitas pun kembali. Mandi air dingin, pipi kompres air, dan seterusnya yang sudah disebutkan di atas.


KUKU PENDEK, BERI SARUNG TANGAN
Oh iya, seperti diceritakan sebelumnya, karena gatal biasanya anak akan reflek menggaruk. Jangankan anak-anak ya, kita aja kalo gatel pasti langsung garuk...
Nah ini bahaya. Karena garukan bisa memperparah luka tersebut. Dan bisa membuatnya meradang dan infeksi. Wah kalo udah begini pasti kalo ke dokter dapet antibiotik deh.
Jadi untuk meminimalisir resiko peradangan, maka kami usahakan sebisa mungkin jangan sampai alta menggaruknya. Caranya:
1. Kuku Alta sejak bayi selalu potong pendek.
2. Sarung tangan selalu dipakai sampai usia 3bulanan. Kasian sih memang. Kalo sedang main kami buka. Kalo dia bobo, selalu kami pasangkan sarung tangan. Itupun dia sudah bisa buka tarik-tarik sendiri.
3. Pakaikan bedong. Ya ini efektif banget. Karena gerakan alta ini aktiffff banget. Terasa sejak di dalam kandungan ke-aktifan-nya. Saat baru lahir, usia sekitar 3minggu pun sudah bisa tengkurap. Makanya bedong itu wajib. Kalo lepas bedong, itu pipi gena garukan deh tau-tau ada yang berdarah (walau kuku sudah pendek).


PINDAH SERANG
Dan saat itu saat kamipun pindah ke Serang...
(Sebelumnya tinggal di Tanjung Priok, Jakarta).
Serang kota yang panas. Ya mirip lah sama Priok.
Kering juga. Mirip juga sih sama Priok.
Berdebu banget. Ini juga sama aja sih sebenernya.

Bedanya adalah, di Priok jarak sekolah mba Anja ke rumah (saat itu masih TK A) dekat sekali. Masih 1 komplek. Anter jemput bisa jalan kaki.

Lha di Serang, (mba sudah TK B di Sekolah Peradaban Serang, Sekolah Alam) jarak rumah ke sekolah mba sampai 12km. Anter jemput naik mobil. Perjalanan bisa 1jam. Sampai sekolah ngaso dulu. Istirahat di DPR (Dibawah Pohon Rindang). Kena debu, panas terik, AC, setiap hariiii... Kulit alta pun makin meradang. MasyaAllah....

Oh iya, disini belum kenal dokter anak. Akhirnya tanya-tanya rekomendasi dokter anak di Serang dan sekitarnya.


MITOS
(Ini cerita nyata. Mungkin hanya kebetulan. Dan saya yakin banyak juga masyarakat yang sudah teredukasi dengan baik. Tapi kejadiannya ini ga sekali. Dari sapaan standar, sampai yang agak absurd...)

-Di warung, ketemu nenek-nenek "Iiiih itu pipi anaknya kenapa? Pasti kena susu ya. Makanya kalo abis nenen langsung di lap. Jangan didiemin aja."

-Ke RS dalam rangka mau imunisasi, "Iiiih itu pipi anaknya kenapa? Mau diperiksain ya? Nular ngga tuh?

-Ketemu ibu-ibu di jalan. "Iiiih itu pipi anaknya kenapa? Itu bekas ASI tuh pasti. Kalo nenen dialasin. Biar pipinya ga kena ASI".

-Ke Pasar, "Iiiih itu pipi anaknya kenapa? Coba aja dijilat sama mamahnya. Nanti cepet sembuh deh."

-"Iiiih itu pipi anaknya kenapa? Coba kasih minyak Tokek. Beli di Pasar Rau ada." (Aseliii... Ini saya cuma bengong)

-"Iiiih itu pipi anaknya kenapa? Dijilat pake ludah mamahnya pas bangun pagi. Tapi jangan sikat gigi dulu ya. Bangun tidur tuh subuh-subuh langsung jilatin pipi yang korengan." (ABSURD!!!)
Emaknya ogah... Iyalah, masa disuruh jilatin luka...
Anaknya lebih ogah lagi... Iyalah, masa emak belum sikat gigi mau jilat. Ogaaaah... Hahaha

Ya itulah. Mungkin banyak orang ramah ya. Jadi kalo ke Carefour, ke Mall, ke RS, ke pasar, kemanapun pasti selalu ada yang menyapa. Karena alta memang "Eyecatching tanda kutip".

Kalo udah gitu Momicha senyumin aja. Awalnya sih kalo ada yang tanya, saya akan cerita kalo ini alergi.
"Alergi apa?"
-Alergi protein susu sapi.

"Emang anaknya minum susu formula ya?"
-Ngga kok. Full ASI.

"Kok bisa alergi juga?"
-Iya, zat alerginya melalui ASI yg diminum anak saya.

"Ya udah atuh ganti formula aja.
-Nah lhooooo....

Makanya lama-lama Momicha kebal. Kalo ada yang komentar mah senyumin aja. Lucu juga sih kadang-kadang.

Yang lucu, di area nongkrong emak-emak jemput anak (kantin sekolah mba). Pas awal-awal pindah ke sekolah ini, Kalo pas jemput mba, suka ada yang nanya, saya jawab tentang kondisi alta. Besoknya ada lagi yang nanya, saya jawab lagi. Sampai suatu hari ada ibu-ibu nanya, eeeeh, si teteh kantin bisa jelasin panjang lebar. Hahaha, rupanya selama ini si teteh kantin mendengarkan dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. (kaya proklamasi deh).

Ya banyak juga sih yang ternyata tau banget tentang dermatitis atopi ini. Apalagi mama nya temen-temen mba di sekolah ternyata banyak juga yang punya pengalaman yang sama. Mereka pun ngga segan untuk berbagi tips dan solusi..


Hingga suatu hari...
"Ibu mau menyiksa anak Ibu sampai kapan? Kalo mau yang terbaik untuk anak Ibu, coba Stop dulu ASInya, coba kasih ini." Ujar seseorang sambil menyodorkan brosur Susu Merk Ne**at yang harganya mahal, kalengnya kecil, dan belinya harus inden, pesen ke agennya dulu....


Siapakah beliau?
Mengapa sampai berkata seperti itu?
Bagaimana Momicha bisa sampai bertemu dengan beliau?
Bagaimana keputusan Momicha?


Tunggu postingan lanjutannya ya...



6 comments :

Toko Serba Ada Tembalang said...

Mbak, gmn kelanjtuannya?

Unknown said...

Iyya.. Bisa sembuh gtu gmn tips nya mom

Unknown said...

Sama mbaa cuma anak ku ini pipinya aja tp badan nya engga.. da anak saya pake sufor sedihh

Unknown said...

Sembuh nya pakai ap mom.. Anak Saya juga lg alami nich

Aclatafuchsia said...

Mba gmna kelanjutan nya, anak sy juga pipinya kayak gitu ntar sembuh ehh nanti benyek lagi padahal udah kemana2 dibawa kedokter

Mama kairos said...

Koq gak ada kelanjutannya? Anak sy juga ruam pipi. Pngen tau gimana bisa sembuh?

Post a Comment