Sunday 12 November 2017

Komunikasi Produktif Momicha

KOMUNIKASI PRODUKTIF

Hari 11
Game Level 1
Tantangan 10 Hari
Komunikasi Produktif
Kuliah Bunda Sayang, IIP, Batch #3



Hi Moms...
Hari ini hari ke sebelas Kuliah Bunda Sayang. Sebenarnya, puncak T10H alias Tantangan 10 Hari materi "Komunikasi Produktif" adalah kemarin. Tapi ritme menulis Blog ini sudah mulai saya rasakan manfaatnya. Maka dari itu saya lanjutkan T10H sebagai bonus.

Setelah 10 Hari kemarin fokus target saya adalah penerapan "Komunikasi Produktif" pada anak-anak, maka Bonus kali ini saya targetkan untuk saya pribadi.



Seperti yang telah disebutkan dalam Materi Kuliah BunSay IIP Level 1 bahwa,

"Tantangan terbesar dalam komunikasi adalah mengubah pola komunikasi diri kita sendiri. Karena mungkin selama ini kita tidak menyadarinya bahwa komunikasi diri kita termasuk ranah komunikasi yang tidak produktif."

1. Tantangan kali ini adalah, bagaimana memperbaiki pola komunikasi saya pribadi. Saya ingat saat awal menikah, suami pernah mengatakan,
"Garbage In, Garbage Out"
Saat informasi yang masuk adalah "garbage", maka yang keluar pun akan berupa "garbage".
Dalam hal ini adalah, Jika yang kita input berupa hal-hal negatif, maka output yang akan kita pikirkan/katakan/tulis otomatis adalah hal-hal negatif pula...

Maka dari itu, sebisa mungkin kita senantiasa memilah milih informasi yang kita terima. Banyak meng input hal yang baik. Bisa dengan membaca, mengikuti kajian, berkumpul dengan orang sholeh, berdiskusi dengan orang baik, agar informasi yang masuk dalam pikiran kita pun positif..

2. PR saya selanjutnya adalah agar senantiasa berpikir positif agar kata-kata yang keluar dari mulut kita juga kata-kata positif.

3. Memilih kata-kata yang membawa energi
Pemilihan kata akan memberikan efek yang berbeda terhadap kinerja otak. Maka kita perlu berhati-hati dalam memilih kata supaya hidup lebih berenergi dan lebih bermakna. Termasuk juga kata-kata yang kita ucapkan pada anak-anak.
Misalnya kata "Masalah" menjadi "Tantangan".
"Petakilan" menjadi "Penuh Energi"
"Bawel" menjadi " Aktif Berbagi Informasi"

Hahaha...
Masih belum terbiasa sih, tapi akan saya coba terus...

Umi Abi masih belajar, Nak...
Ayo kita belajar sama-sama...
Bismillah...!!!

-Momicha-

P.S.:
I know I'm not Perfect,
But I try my Best...





No comments :

Post a Comment