Sunday 21 April 2013

Mengapa CottonKiDS memilih Samsung Galaxy Note 10.1? (Bahasa Indonesia)

Memilih gadget atau smart phone ataupun piranti pintar lainnya tidak semudah memilih pakaian di toko ataupun memilih sepatu yang dapat kita ganti setiap saat untuk mengikuti trend. Memilih gadget membutuhkan pertimbangan tersendiri. Idealnya, gadget yang kita miliki mampu mewakili semua kebutuhan teknologi kita sehingga mempermudah aktifitas sehari-hari.

Ada opsi untuk memiliki beberapa gadget sesuai kebutuhan kita. Misal untuk fotografi kita mengandalkan DSLR, untuk musik kita pakai IPod, dan Blackberry untuk kebutuhan fungsi utama telepon genggam PLUS bbm-an PLUS dll. Tapi tentu saja hal ini kurang praktis dan untuk sebagian orang cukup berat apabila harus memiliki semuanya. Untuk itu dibutuhkan riset kecil sebelum memilih gadget yang paling cocok dengan gaya dan selera kita, serta mampu memenuhi kebutuhan kita, tentunya dengan harga yang paling cocok dengan kantong kita.

Hal inilah yang CottonKiDS alami sebelum akhirnya memutuskan Samsung Galaxy Note 10.1 sebagai pendamping kegiatan sehari-hari. Awalnya sempat bingung antara IPad atau IPhone-5 atau Samsung Galaxy Tab atau Samsung Galaxy Note 10.1 atau  Samsung Galaxy Note 2 atau Nokia Lumia 920. Jenis-jenis gadget yang CottonKiDS tulis tadi kami kenal dari rekomendasi teman-teman. Semakin banyak masukan, semakin bingung pula kami. Apalagi setelah browsing, ternyata hampir semuanya dibandrol dengan harga lebih dari 5 jutaan. Pusing...

Setelah konsultasi dengan penasihat pribadi CottonKiDS (abi), kami memutuskan untuk menuruti kata hati. Benda pertama yang CottonKiDS langsung jatuh cinta pada pandangan pertama sejak melihat iklannya di TV, yaitu  Samsung Galaxy Note 10.1. Sebenarnya kami belum yakin juga untuk mendatangi counter Samsung terdekat. Tapi toh kalaupun berubah pikiran, tinggal mendatangi counter resmi merk lain. Hehehe...   Akhirnya CottonKiDS mendatangi counter resmi Samsung di Mall. Pandangan langsung tertuju pada Samsung Galaxy Note 10.1, tapi kami berusaha menahan diri, sambil lihat-lihat yang lain.

Customer Servis disana cukup ramah dan menguasai produk (walaupun awalnya CottonKiDS bertemu dengan Customer Servis lain yang "gaptek"). Sepertinya dia memahami keragu-raguan kami. Dia lalu mengajukan beberapa pertanyaan:
1. Apa gadget yang anda inginkan?
2. Fitur apa saja yang anda butuhkan? Urutkan berdasar prioritas!
3. Berapa budget anda? (pertanyaan tambahan dari my daddy)
4. Gadget apa yang sudah anda miliki?

Dan kurang lebih inilah jawaban CottonKiDS:
1. Gadget yang kami inginkan? CottonKiDS ingin gadget yang dapat memudahkan kami untuk tetap online sepanjang hari, sehingga blog dan online shop kami dapat dijalankan dengan mudah sambil melakukan pekerjaan rumah tangga.

2. Fitur yang kami butuhkan? CottonKiDS suka mendesain segala hal. Melihat, membayangkan, coret-coret, dll. Kami juga butuh kamera untuk keperluan online shop. Serta aplikasi office untuk kegiatan blogging www.cottonkidsproject.blogspot.com dan www.cottonkidsshop.blogspot.com

3. Budget kami? Sebenarnya budget kami hanya 5 juta. Tapi kami rasa abi akan memberi lebih untuk sesuatu yang berharga (Jangan lupa untuk kedipkan mata pada abi).

4. Gadget yang sudah kami punya? Itulah salah satu alasan mengapa CottonKiDS memutuskan untuk membeli perangkat pintar. Yaitu karena kamera digital kami tertingal (entah dimana) oleh abi. Handphone yang biasa kami gunakan untuk browsing terjatuh berkali-kali (anda tahu rasanya punya balita  yang sangat cinta gadget) dan akhirnya rusak total. Laptop kami rusak, LCD nya retak. What a perfect reason right? Sehingga sekarang yang kami punya adalah handphone pink sederhana Samsung C3300 Champ sementara abi memakai Samsung Galaxy Ace.

Setelah CottonKiDS menjawab pertanyaan-pertanyaan itu (dalam hati) sepertinya keputusan mulai mengarah.
1. Nokia Lumia 920 memiliki kamera dengan pixel standar profesional. Hasilnya pasti bagus. Tapi kami kurang nyaman beraktifitas setiap hari dengan ukurannya yang kecil.
2. We do really fall in love with IPad. Hasil fotonya pun luar biasa jernihnya. Kami hanya belum familiar dengan aplikasi Apple. Dan lagi harganya hampir sama dengan Samsung Galaxy Note 10.1.
3. IPhone5 sedang in sekali. Menggoda juga. Tetapi sekali lagi, kami kurang nyaman beraktifitas setiap hari dengan ukurannya yang terlalu besar untuk telepon, dan terlalu kecil untuk mengetik banyak hal seperti blogging.
4. Samsung Galaxy Note 2, memiliki alasan serupa dengan IPhone
5. Jadi sisanya tinggal Samsung Galaxy Tab atau Samsung Galaxy Note 10.1.

Mengingat yang menjadi prioritas pertama CottonKiDS adalah untuk kebutuhan desain, maka kami langsung mencoba aplikasi menggambar. Kami coba PS-Touch (semacam photoshop yang terkenal itu) dan Corel. Untuk Galaxy Note 10.1 jelas tidak ada masalah, tapi harganya yang mahal (IDR 6.999.000) membuat kami mencoba opsi lain. Kami minta aplikasi tersebut diunduh di Galaxy Tab (IDR 4.999.000). Ternyata tetap bisa dilakukan. Kelemahannya adalah karena pen (aksesoris tambahan) untuk Galaxy Tab berujung tumpul, maka prosesnya memakan waktu lama dan hasilnya kurang memuaskan.

Setelah menimbang-nimbang, mengingat benda ini nantinya akan jadi teman aktivitas sehari-hari dalam kurun waktu yang panjang, dan diharapkan memang dapat memudahkan aktifitas CottonKiDS dalam mendesain barang-barang anak, maka abi menyarankan kami memilih Samsung Galaxy Note 10.1. Hihihihi... Alasannya, lebih baik membayar lebih untuk kepuasan jangka panjang. Alhamdulillah. Mudah-mudahan bisa bermanfaat dan membawa barokah. Amin...

P.S. : There's mommy Behind this post as a permanent contributor.

No comments :

Post a Comment