Monday 31 July 2017

NICE HOMEWORK #5, "Belajar Bagaimana Caranya Belajar"

NICE HOMEWORK #5
MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL  BATCH #4

*BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR*
(Learning  How to Learn)



Setelah malam ini kita mempelajari  tentang “Learning How to Learn”  maka kali ini kita akan praktek membuat *Design Pembelajaran* ala kita.

Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan "learning how to learn" dalam membuat NHW #5.

Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.

Bukan hasil  sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.

Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/



Jawab:

Lamaaaaa sekali waktu yg saya butuhkan untuk mulai mengerjakan NHW kali ini. Luar
biasa.

Sudah mencoba browsing nhw5 dr batch-batch sebelumnya. Luas sekali ya. Pemahamannya berbeda2 pula. Apa memang begitu, bebas begitu?
Desain pembelajaran utk anak kah? Kita kah? Atau keluarga?
Makin mencari makin bingung.

Setelah diskusi di WAG, dan dapat pencerahan pula dari koordinator kelas, ternyata kebingungan itulah yg merupakan bagian dari soal.

Pada dasarnya, saat kita mulai proses belajar, yang dibutuhkan antara lain adalah "Adab dalam menuntut ilmu" (materi kita di NHW sebelumnya) dan "Rasa Ingin Tahu".

Proses browsing, mencari tau sana sini, kebingungan, dan diskusi inilah merupakan bagian dari proses pembelajaran itu sendiri.


Lantas bagaimanakah desain pembelajaran versi saya?
Karena bingung, maka saya buat berdasarkan tugas di beberapa NHW sebelumnya, tentang ilmu-ilmu yang dibutuhkan dalam mewujudkan visi misi keluarga kami dan impian saya khususnya...

1. Berkaitan dengan belajar lebih sabar dan dalam rangka memperdalam ilmu agama, kami sekeluarga membuat jadwal khusus yg bisa diikuti seluruh anggota keluarga.

JADWAL HARIAN
Sepulang sholat subuh di masjid, abi memberikan "siraman rohani" di mushola rumah, semacam briefing pagi yg sifatnya afirmasi positif, mengingatkan rencana tugas hari ini, dan memberi semangat untuk bekal kami seharian. Diikuti oleh seluruh anggota keluarga. Abi, Umi, Khanza, Al, El.

Selepas sholat magrib bersama khanza, saya biasanya mengajak khanza mengobrol tentang kegiatan tadi seharian di sekolah/rumah, sambil bercerita/mendongeng yg ada kaitannya dengan kegiatan tadi.

Setelah sholat isya, sambil makan malam abi akan memimpin "diskusi" tentang laporan kegiatan hari ini, dr seluruh anggota keluarga.
Apakah ada hal menarik?
Apakah ada kendala?
Adakah ide untuk memperbaikinya?
Kapan akan merealisasikannya?
Bagaimana rencana untuk esok hari?

JADWAL MINGGUAN
Setiap Sabtu Minggu kami sekeluarga akan mengikuti Kajian Rutin di Masjid Al-Azhar Serpong. Biasanya waktunya jam 7 pagi sampai jam 9. Sehingga momen ini bisa juga dimanfaatkan untuk silaturahmi, sekaligus refreshing, jalan-jalan, makan-makan. Apalagi lokasinya strategis. Cocok untuk jalan dan jajan juga.

JADWAL BULANAN
Setiap bulan kami akan mengunjungi Masjid Agung untuk mengikuti kajian. Jadwalnya akan disesuaikan dengan waktu berkunjung ke rumah orangtua kami. Menyesuaikan giliran ke Priok (Mama Papa) atau ke Serang (Mamih Papih).


2. Ilmu Parenting
Saya dan suami mengupgrade ilmu parenting melalui buku-buku, mengikuti WAG parenting, ataupun mengikuti seminar parenting. Sayapun sangat terbantu juga dengan mengikuti komunitas IIP ini.


3. Ilmu Komunikasi
Saya banyak belajar ilmu komunikasi publik dari Papih. Ilmunya sangat aplikatif dan mudah dipraktekkan.
Selain itu juga banyak belajar dari youtube.


4. Ilmu Managemen Rumah Tangga
Nah.. Ini banyak saya dapat dari IIP, sejak saya ikut gabung di WAG IIP Banten. Beberapa juga saya dapat dari buku-buku dan blog.


5. Ilmu Bisnis
Praktek.
Praktek.
Praktek.
Dari kegagalan maupun kesuksesan itulah kita belajar bisnis.

Lalu?
Upgrade terus ilmu kita. Belajar dari siapa saja.
(dan kurangi medsos. Hihihi)





Note:
Semua yg saya tulis di atas adalah cita2, niat, harapan. Semuanya adalah target hidup. InsyaAllah. Tapi tentu saja diiringi kemauan kuat untuk mewujudkannya.
Berat memang. Tapi insyaAllah BISA.
Bismillah..

"Just Do Our Best. Let Allah Do the Rest."

No comments :

Post a Comment