Friday 9 June 2017

đź“šNICE HOME WORK #4

🍀MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH 🍀



Tulisan ini dibuat dalam rangka memenuhi tugas Matrikulasi IIP (Institut Ibu Profesional) NHW ke 4.

Momen membuat NHW 4 ini bersamaan dengan momen kami pindahan. Dalam kurun waktu kurang dari sebulan kami akan pindah kota dari Serang ke Tangerang. Banyak yg harus disiapkan. Mengosongkan rumah lama, mengkondisikan rumah baru, mengurus
pindah sekolah anak, mencari ART pengganti, dll.

Berat memang, tapi saya manfaatkan momen ini sebagai langkah awal untuk mulai menerapkan visi misi kami sekeluarga. Mewujudkan Cita2 saya dan suami sebagai Distributor Allah. Dan untuk kehidupan yg semakin baik lagi tentunya.

------------------------------------------------------------------

Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita. Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah , maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut.

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

Jawab:
Masih, masih belajar sabar dan ikhlas. Tapi kaitannya dengan visi misi hidup, target saya lebih jelas, semakin tajam, sehingga bidang ilmu yg ingin dipelajari pun semakin spesifik.


b.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

Jawab:
Belum konsisten.


b.Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Jawab:
Misi Hidup : Memberikan manfaat sebanyak mungkin pada orang lain. Tapi yg utama adalah mengoptimalkan peran sebagai istri, anak, dan ibu.
Ingin menjadi distributor Allah, berbagi ilmu 5R, buka kelas crafter, membangun bisnis craft, kelas kunjungan "Craft on Hospital"

Bidang : Manajemen, Seni (Craft, Design), Bisnis

Peran : Distributor Allah (Berbagi ilmu, Buka kelas gratis, Kunjungan ke RS, dll) dengan melibatkan peran serta anak2 dan suami.


c. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut.

Jawab:
Ilmu Parenting
Ilmu Komunikasi
Ilmu Managemen Rumah Tangga
Ilmu Bisnis


d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

Jawab:
KM 0 – KM 1
(Sejak saya tulis ini, sampai sekitar 2bulan ke depan/ Akhir Agustus 2017) :
Pindah Rumah.
Masa Transisi dan Adaptasi lingkungan baru, sekolah baru, dll.
Masa menata2 rumah, bersih2, rapih2.
Mulai menjalankan checklist harian sesuai jadwal di NHW 2.

KM 1 – KM 2
(September 2017 - November 2017) :
Mulai mematangkan konsep bisnis , kelas craft , Kelas kunjungan ke rs.
Cari guru/kelas mengaji.

KM 2 – KM 3
(Desember 2017, dan seterusnya) :
Eksekusi konsep bersama anak2 dan suami.
Memulai bisnis craft.
Memulai Buka kelas.
Kunjungan RS.

KM 3 – KM 4 :
Me review kembali target sebelumnya.
Melanjutkan eksekusi sambil mengembangkan konsep.


e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

Jawab:
Sudah


f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan
Jawab:
Semua yg saya tulis di atas adalah cita2, niat, harapan. Semuanya adalah target hidup. InsyaAllah. Tapi tentu saja diiringi kemauan kuat untuk mewujudkannya.
Berat memang. Tapi insyaAllah BISA.
Bismillah..

"Just Do Our Best. Let Allah Do the Rest."

No comments :

Post a Comment