Sunday 6 November 2016

NHW #3,MEMBANGUN PERADABAN DARI DALAM RUMAH

NICE HOMEWORK #3

📚MEMBANGUN PERADABAN DARI DALAM RUMAH 📚


Tulisan ini dibuat dalam rangka tugas NHW 3 M.I.P



-Pernikahan-
Bagi anda yang sudah berkeluarga dan dikaruniai satu tim yang utuh sampai hari ini.

a. Jatuh cintalah kembali kepada suami anda, buatlah surat cinta yang menjadikan anda memiliki "alasan kuat" bahwa dia layak menjadi ayah bagi anak-anak anda.Berikan kepadanya dan lihatlah respon dari suami.

Kemarin saat saya mengutarakan isi hati, suami memandang saya, berkaca-kaca, dan membelai pipi dan mengatakan
"Have I ever told you that I Love You?
I Love You, Umi...
Sekarang.. Besok.. Selamanya.."

#meleleh saya


b.Lihatlah anak-anak anda, tuliskan potensi kekuatan diri mereka masing-masing.

Tiap anak memiliki potensinya masing-masing. Terkadang kita tergelincir untuk cenderung membandingkan antara satu sama lain.
Padahal sesungguhnya setiap anak itu baik dan menyukai kebaikan, serta memiliki fitrah kebaikan yang unik.

Saat ini saya memiliki 2 anak, Khanza (perempuan 6tahun) dan Alta (laki-laki 1,5 tahun) dan sedang mengandung 8 bulan.

Khanza Badzila A.
Sesuai namanya, Khanza memiliki beberapa potensi yg sudah terlihat sejak kecil, dan Alhamdulillah semakin besar semakin berkembang.

-Kemampuan linguistik/verbalnya menonjol.
Saat mendengar cerita ataupun menerima informasi, khanza akan bertanya panjang lebar dan tidak berhenti sampai info yg didapat lengkap. Terkadang saya sampai harus browsing ataupun menunda jawaban dan menanyakannya pada ustadzah dulu sebelum menjawab pertanyaan Khanza. Terutama untuk pertanyaan2 sulit yg berkaitan dengan akidah.

Tapi hasilnya, setelah dia mencerna dan memahami sesuatu, dia mampu menceritakan dan menerangkan kembali cerita/informasi tersebut secara utuh dan urut, dengan bahasa anak seusianya.

Kami membantunya dengan menyediakan banyak buku cerita untuknya. Dulu kami yg membacakannya. Sekarang dia suka mendongengkan adiknya dengan gaya khas anak2 yg lucu.

-Khanza sayang dengan anak kecil dan suka menolong mereka. Mudah akrab dengan adik kelasnya, dengan sepupu yg lebih kecil, dengan tetangga yg lebih muda, apalagi dengan adiknya. Termasuk juga dengan teman sebayanya yg cenderung pendiam.

-Khanza adalah teman curhat yg menyenangkan. Bahkan terkadang ia suka memberikan respon yg tdk terduga. Tanggapan yg dewasa dan bijak, melihat sesuatu dgn perspektif yg positif.

-Sesuai namanya, "Badzila" yg berarti selalu berjuang/pantang menyerah.

Khanza sejak dalam kandungan adalah anak yg tangguh. Masa kehamilan Khanza diwarnai dgn beberapa masalah kesehatan. Kontraksi dini berkali2 sejak awal kehamilan, mual-muntah sampai menjelang 9bulan, keluar flek beberapa kali, rembes air ketuban di usia 7bulan, keluar masuk rumah sakit, bedrest beberapa bulan, dll. Tapi Khanza tetap bertahan. Ia tetap kuat hingga akhirnya lahir di usia 9bulan dengan kondisi sehat wal afiat.

Hal itulah yg membuat kami menamakannya "Badzila" sebagai cara kami mengingat perjuangannya sejak dlm kandungan. Dan hal itu juga sekaligus sebagai Doa dan Harapan kami. Alhamdulillah terbukti, dalam menghadapi sesuatu Khanza pantang menyerah. Ia akan selalu berusaha. Misalnya saat menyelesaikan sebuah tugas sekolah, saat menghadapi rintangan, saat belajar hal baru, ia selalu kreatif dalam mencari jalan keluar.

-Sangat suka berbagi. Dengan siapapun, bahkan dgn org yg baru dikenalnya. Berbagi apapun, hingga terkadang jika kami berjalan2 dan membeli sesuatu ia suka mengambil lebih dan merencanakannya utk dibagi2 kepada sepupu2nya.

-Ia mudah memaafkan orang lain. Tidak pendendam.
-Sensitif/peka/mudah simpati terhadap perasaan orang lain.
-Khanza sangat kreatif. Kemampuan viso spasialnya tinggi. Imajinasinya kuat. Suka menggambar dan crafting seperti saya.
-Khanza memiliki kecenderungan introvert, tidak mudah akrab dgn orang baru, tetapi jika sudah merasa dekat ia akan sangat bersahabat dengan orang tersebut. Berbagi, menolong, dan banyak bercerita. Hal ini tdk hanya terhadap teman barunya, tetapi juga pada saudara ataupun rekan2 kami (orangtuanya) yg baru dikenalnya.

Altamis Hasan A.
-Altamis anak yg tangguh. Ia juga kuat. Tubuhnya aktif sekali. Kemampuan kinestetisnya terlihat menonjol.

-Memiliki kecenderungan ekstrovert.
Alta mudah akrab dengan siapa saja. Bahkan dengan orang yg baru saja ditemuinya. Maka dari itu, mengajak Alta ke publik area butuh pengawasan ekstra. Apalagi sekarang ia sangat gemar berlari. Ia akan menyapa semua orang yg ditemuinya. Mengajak bersalaman, tersenyum, mengajak ngobrol dan bermain. Baik anak2 yg lebih kecil (bayi), hingga orang dewasa, manula, dll.
Misal saat ke mall, ia akan menyapa semua orang yg dilewatinya. Saat ke RS, ia akan mengajak bersalaman semua suster dan dokter yg dilewati. Bahkan ia selalu menyapa security di komplek kami setiap kami melewati pos depan.

-Alta sangat berani.
Hampir bisa dikatakan ia tdk punya rasa takut. Ia akan memanjat semua yg ditemui, termasuk tangga. Kami pun melatih diri untuk tidak mudah melarangnya. Tugas kami adalah mengawasi. Walau terkadang aktivitasnya agak ekstrim, dan sebagai ibu naluri saya ingin menariknya turun, tetapi abinya selalu mengingatkan agar kami tidak membunuh potensi keberaniannya.

Ia juga berani dengan semua hewan. Tidak jijik atau takut. Baik dengan segala serangga, hewan kecil melata, ulat, cacing, luing, siput, kodok, kucing, anjing, angsa, dll. Saya yg justru khawatir karna terkadang hal itu justru cenderung membahayakan. Misalnya saat sedang berdekatan dengan kucing, dia awalnya hanya mengelus2 kucing tersebut. Tetapi lama kelamaan mula menarik2 ekornya dan memasukkan jarinya ke dalam mulut kucing tersebut. (-_-)'
Sekali lagi, kami harus mengawasinya dengan super ketat tanpa banyak melarangnya, hanya mengkondisikannya saja.

-Alta hampir selalu ceria dan membuat keceriaan di keluarga besar kami. Tidak mudah merengek dan menangis. Bahkan saat sedang sakit sekalipun. Termasuk saat ia harus disuntik dan diinfus saat usia 1tahun.


c. Lihatlah diri anda, silakan cari kekuatan potensi diri anda. kemudian tengok kembali anak dan suami, silakan baca kehendak Allah, mengapa anda dihadirkan di tengah-tengah keluarga seperti ini dengan bekal kekuatan potensi yg anda miliki.

-Saya suka berbagi ilmu dengan orang lain. Suka publik speaking dan berkumpul dengan banyak orang. Bertukar ilmu dan pengetahuan, berbagi kisah, dan pengalaman.
-Hobby crafting, membuat prakarya apaaaaaa saja. Sebagian besar saya pelajari secara otodidak, dibantu dengan browsing sana sini. Dan saya sangat menikmatinya. Beberapa yg sering saya buat adalah plushie doll, bantal, pouch/dompet, tas, kantong2, hiasan dinding, kaos, baju anak, aksesoris rumah, jepit, dll.
-Saya suka desain grafis. Dulu saat masih aktif sebagai arsitek saya suka mendesain interior. Tapi sekarang lebih menikmati desain grafis, menggambar kartun, dll.


d. Lihat lingkungan dimana anda tinggal saat ini, tantangan apa saja yang ada di depan anda? adakah anda menangkap maksud Allah, mengapa keluarga anda dihadirkan disini?

Saya baru pindah rumah di komplek yg juga masih baru. Belum ada tetangga. Sepertinya Allah menghadirkan kami disini untuk membangun komunitas di lingkungan baru ini.

-Momicha-

No comments :

Post a Comment