Tuesday 10 May 2016

Never Too Late To Learn

"Akhirnya... Momicha Bisa Bawa Mobil!!!"

Bagi sebagian orang, belajar menyetir mobil adalah tentang niat, kursus, praktek, dan bisa.
Tapi tidak dgn saya..
Menyetir itu seperti Phobia..

Di keluarga kami, anak2 diajarkan menyetir mobil sejak SMP. Tiap sore sepulang pap kerja. Harapannya, saat SMA (17th) sudah lancar dan bisa lgsg buat SIM. Bukan untuk gaya2an. Tp utk kebutuhan. Mami saat itu dagang dgn sistem telp-antar. Jd anak2 yg bertugas antar pesanan krn pap kerja.

Kami diajarkan cuci mobil terlebih dahulu, cuci karpet, sikat ban, trus dikenalkan peraturan lalu lintas, lihat pap ganti ban, baru belajar setir.
Jd alhamdulillah tertib lalin (walau mungkin hal ini terlalu dini ya).

Saat itu, Kakak saya pertama (19) sudah berani bawa mobil keluar kota. Yg kedua (16) sudah keliling cilegon-serang (jangan ditiru). Saya (13) blm berani bahkan utk sekedar belajar..

Adik saya (11) selalu memperhatikan saat kami semua latihan.

Hingga 2thn kemudian adik saya (13) masuk SMP. Pap mulai melatih adik. Saya selalu saja menolak dgn berbagai alasan. Les lah, ekskul lah, pramuka lah. Bahkan kadang pura2 tidur. (-_-)'
Saya takuuut sekali bawa mobil. Takut nabrak, takut ketemu truk, takut nyenggol, takut nyerempet, takut diklaksonin orang, dst dst dst...

Setahun kemudian adik (sudah 14th) sdh bisa dan biasa bawa mobil keliling komplek utk antar pesanan tetangga.
Tiba giliran saya tdk bisa mengelak. Semua sudah bisa. Tinggal saya yg blm. Pap sudah tdk mentolelir alasan saya. Saya harus latihan. Semua ikut. Saya dibawa ke lapangan (di komplek KS).

Injek kopling, masukin gigi, injek gas, kopling lepas pelan2...
Teorinya begitu...!!!
Prakteknya gatot. Alias gagal total. Mobil Ndut ndutan. Pap disamping nahan kesel. 2 Kakak dan adik di blkg ketawa Ngakak. Mami berdoa. Segala doa diucapkan. Khawatir saya nabrak (-_-') (Pdhal di lapangan luas). Agak berlebihan memang..
Akhirnya momen saya latihan mobil jd ajang hiburan bagi kakak2 dan adik saya. Mereka ketawa2 diatas keringat dingin saya. Baru jalan, mobil ndut-ndutan. Ada kucing lewat, bukannya klakson saya malah teriak. Saya juga blm mengenal teknologi mutakhir bernama Spion. Sering diledekin kakak adik, Saya makin ga PD.
Hingga akhirnya pap (mungkin) mulai bosan memaksa.. Saya menyerah dan mulai ilfeel..

Hingga bertahun2 kemudian saya ga ada keinginan utk latihan lagi. Toh kmana2 ada yg antar (kakak adik standby), pikir saya saat itu (padahal memang trauma).
Hingga akhirnya, saya menikah, punya anak.

Suatu hari , saat itu suami kerja. Anak sakit. Mobil di rumah nganggur. Tp saya ga bisa antar anak ke RS. Dan saat itu ga ada yg bisa dimintai tlg utk antar. Rumah saya jauh dr jalan utama. Pesan taxi deh..
Mulailah timbul niat utk belajar.

Saya minta tlg kenalan ibu2 utk ngajarin lagi. (Mungkin ada yg kenal Bu Sari yg luar biasa itu)
Tp asal latihan lgsg mules, pucet, dll. Untung gurunya nekat. Saya jd terbawa berani jg.

Lalu Khanza pun mulai sekolah yg harus diantar jemput (10km). Kdg diantar suami,  kdg mbak ku sekalian antar anaknya jg, kadang pap yg antar, kdg taxi.. Lama2 ga enak klo terus menerus minta tolong dan merepotkan org lain...
Ga enak ngerepotin terus..
Saya harus mandiri..
Saya harus bisa..
Saya harus bisa..

Akhirnya suatu hari, saat itu semua sdg ke Jkt. Khanza harus sekolah. Saya pun memberanikan diri antar khanza ke sekolah (10km). Padahal kursus setirnya blm lulus. Sim blm punya (jangan ditiru). Sambil gendong Dede (8bulan saat itu). Sambil menyusui dlm gendongan. Sambil hujan. (Lengkap sudah). Dan mobil saat itu dlm kondisi tdk fit. Plg antar kaka, saya lgsg bawa ke bengkel.

Sejak itu, alhamdulillah terasa PLONG. Saya bukan berhasil bawa mobil.
Tp lebih kepada Berhasil Mengalahkan Rasa Takut selama Belasan tahun.

Kejadian setelahnya bukan tanpa hambatan. Tapi semua terasa lebih ringan. Krn rasa takutnya sudah lenyap.

Misal,
Krn KTP masih Jkt maka saya harus buat SIM di Daan Mogot. Brkt dr rmh subuh. Bawa kaka dan dede. Kaya orang piknik. Antri buat Sim seharian sampai sore. Magrib baru sampai rmh.
Pernah juga ditilang polisi krn menyetir sambil gendong anak (cerita lengkap ada di blog).

Sering juga dede rewel dlm gendongan, bawa mobil sambil goyang2 menenangkan bayi dan sambil menyusui. Kadang dede mau di Carseat. Tapi seringnya rewel dan kejer, minta digendong.

Sekarang Alhamdulillah sudah 7 bulanan saya bawa mobil.

Harus selalu ada yg pertama. Jalani saja..
Paksalah dirimu, Sebelum kau terpaksa oleh keadaan..
Dan terakhir..
Better late than never..

# Disclaimer #
Status kali ini banyak hal2 yg Jgn ditiru. (Misal menyetir blm punya Sim, bayi tdk ditaro di carseat, belajar menyetir terlalu dini, dll). Ini hanya berbagi pengalaman saja. Kadang kita membuat pilihan yg tdk sempurna krn keadaan mmg terpaksa begitu.
Sekian..semoga bermanfaat..
(^_^)

No comments :

Post a Comment